Apa Itu Mug Coating ?


Apa yang disebut dengan Mug Coating ? Apa pula bedanya dengan Mug biasa ? Hanya sedikit orang yang mengetahui perbedaan dan kegunaan masing-masing mug tersebut, meskipun sehari-hari sudah terbiasa minum kopi atau teh dengan menggunakan mug.

Setelah mug diproduksi melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi, sebagian ada yang langsung dipasarkan. Mug ini masuk kategori sebagai mug biasa dengan ciri berwarna polos. Sedangkan sebagian lagi disiapkan untuk proses selanjutnya yaitu permukaan luar mug dilapisi dengan cairan khusus.

Setelah cairan itu kering, mug dipanaskan untuk kedua kalinya dengan suhu tinggi agar lapisan tersebut benar-benar menyatu dengan permukaannya. Hasilnya adalah mug dengan permukaan mengkilap karena sudah diberi lapisan khusus dan biasa disebut sebagai mug coating.

Sekilas memang tidak nampak perbedaan antara mug biasa dengan mug coating. Pada mug coating selain permukaannya lebih mengkilap juga akan terlihat semacam lapisan transparan. Hal ini bisa dicermati dengan mengamati permukaan tersebut di bawah sinar matahari atau cahaya lampu yang kuat.

Dengan proses pembuatan yang lebih panjang, maka terdapat perbedaan harga antara mug biasa dengan mug coating. Jika mug biasa lebih banyak dipasarkan ke masyarakat umum untuk digunakan langsung, maka pasar mug coating adalah para pembuat souvenir.

Gambar atau tulisan bahkan foto yang menjadi tema souvenir tidak bisa direkatkan pada permukaan mug jika tidak dicoating lebih dulu. Proses perekatan tersebut juga membutuhkan suhu yang sama tingginya mencapai sekitar 200 derajat celcius.

Ukuran mug coating yang paling banyak digunakan untuk souvenir adalah ukuran standard dengan tinggi 9,6 - 10 cm dengan diameter 8,3 - 8.5 cm, beratnya berkisar antara 0.4 - 0.5 Kg. Selain ukuran tersebut memiliki bidang permukaan yang cukup luas untuk mengkreasikan desain, proses print desainnya juga sesuai dengan standar mesin heat press yang biasa digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar